Selasa, Agustus 10, 2010

Kebencian



Kebencian merupakan sebuah emosi yang sangat kuat dan melambangkan ketidaksukaan, permusuhan, atau antipati untuk seseorang, sebuah hal, barang, atau fenomena. Hal ini juga merupakan sebuah keinginan untuk, menghindari, menghancurkan atau menghilangkannya.

Kadangkala kebencian dideskripsikan sebagai lawan daripada cinta atau persahabatan; tetapi banyak orang yang menganggap bahwa lawan daripada cinta adalah ketidakpedulian.

Jarak antara benci dan cinta itu tipis sekali, sama halnya jarak antara Riya' dan ikhlas ... Biasanya, kita memiliki rasa cinta dulu dan ketika cinta itu bermasalah tumbuhlah benci. Sangat jarang terjadi awalnya benci kemudian berganti cinta.

Jika cinta itu bisa membutakan, benci pun tak kalah buruknya .. Bila kita membenci musuh-musuh kita, ini berarti kita memberikan kekuatan pada mereka untuk menghancurkan kita sendiri. Menghancurkan tidur kita, nafsu makan kita, tekanan darah, kesehatan kita serta kebahagiaan kita. Musuh-musuh kita akan menari dengan gembira bila mereka tahu dapat membuat kita sedih, kacau dan frustasi. Rasa benci kita benar-benar tidak akan dapat melukai hati mereka, tetapi justru hasil kebencian kita dapat menutup sama sekali kebahagiaan kita, dapat menghacurkan diri kita dan mengubah suasana, siang dan malam jadi siksaan batin yang mengerikan seperti neraka dunia.

Jadi ... hilangkanlah rasa benci itu dari hati kita, walau memang tak semudah di ucapkan, tapi percayalah memaafkan itu melegakan ...



Tidak ada komentar: